SILICA GEL, MANFAAT DAN PENGGUNAAN


SILICA GEL
Silica gel adalah mineral alami yang dimurnikan dan diolah menjadi salah satu bentuk butiran atau kristal. Sebagai pengering, ia memiliki ukuran pori rata-rata 2,4 nanometer dan memiliki afinitas (memiliki link kekerabatan) yang kuat untuk molekul air.
Silika gel merupakan suatu bentuk dari silika yang dihasilkan melalui penggumpalan sol natrium silikat (NaSiO2). Sol mirip agar – agar ini dapat didehidrasi sehingga berubah menjadi padatan atau butiran mirip kaca yang bersifat tidak elastis. Sifat ini menjadikan silika gel dimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering dan penopang katalis. Garam – garam kobalt dapat diabsorpsi oleh gel ini.
Terdapat dua jenis Silica Gel dibagi dari cara pembuatannya :
  1. Silica Gel Sintetis.
  2. Silica Gel Natural
SILICA GEL SINTETIS
Silica Gel Sintetis, dibuat dengan melalui proses dan pengolahan menggunakan mesin. Yang mana terdapat perubahan bentuk dan jenis dari bahan menjadi barang jadi. Dengan bahan dasar Pasir kwarsa dan Soda Ash dijadikan Silica Gel (SiO3). Dalam perkembangannya silica gel sintetis ada dua yaitu :
1. Silica Gel White
Silica Gel White yaitu silica gel sintetis berupa butiran berwarna putih/ bening dan aman penggunaannya tanpa efek samping.

2. Silica Gel Blue
 Silica Gel Blue yaitu silica gel sintetis yang dimodifikasi dengan penambahan indikator warna biru. Indicator warna berubah menjadi merah bata pada kondisi jenuh. bahan ini mengandung kobalt klorida yang memiliki efek samping  bersifat karsinogenik dan menyebabkan iritasi pernapasan. Jika tertelan, maka harus segera dibawa ke rumah sakit agar diberi pertolongan untuk kasus keracunan. Sebaiknya silica gel blue dihindari penggunaannya dari produk makanan.


SILICA GEL NATURAL
Silica gel natural merupakan silica gel berbahan alami/natural yaitu batu zeolite hasil tambang yang diolah melalui proses aktivasi dan screening.








Berikut manfaat Silica Gel :
  1. Silica gel mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebihan sebelum terjadi. Silica gel merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembapan makanan, obat-obatan, bahan sensitif, elektronik dan film sekalipun. Silica gel sering ditemukan dalam kotak paket dan pengiriman film, kamera, teropong, alat-alat komputer, sepatu kulit, pakaian, makanan, obat-obatan, dan peralatan-peraralatan lain.
  2. Produk anti lembap ini menyerap lembap tanpa merubah kondisi zatnya. Silica gel adalah substansi-substansi yang digunakan untuk menyerap kelembapan dan cairan partikel dari ruang yang berudara/bersuhu. Silica gel juga membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang mau disimpan
  3. Menjaga kualitas produk terutama untuk barang-barang yang dieksport, misalnya untuk garment, textile, computer, Pharmaceutical, Electronic, Tas kulit, Shoes, Dry Food, Buku, Karet, Ban, Plastik, alat-alat laboratorium, dll.

Apabila anda atau perusahaan anda membutuhkan silica gel kunjungi
Website kami www.damases.com
Online shop kami www.silicagelsurabaya.com
Kunjungi pula Fanpage FB https://www.facebook.com/ManunggalSejahteraCV

Semoga bermanfaat .....

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERHITUNGAN PEMAKAIAN DESICCANT KONTAINER

OXYGEN ABSORBER (Produk Penyerap Oksigen Untuk Produk Makanan Dalam Kemasan)

TOP DRY GEL